BAB I


Bisnis Online dan Pemasran Online


A.   DEFINISI BISNIS ONLINE

1.    Pengertian Bisnis Online

Bisnis online terdiri daridua kata yakni bisnis dan  online. Bisnis adalah suatu kehiatan untuk memperoleh laba atau keuntungan, sedangkan online adalah suatu kegiatan yg terhubung dengan internet. Bisnis online adalah sebuah cara atau promosi menawarkan barang atau jasa yg dilakukan menggunakan jaringan internet.

2.    Cara Menjalankan Bisnis Online

Ada banyak cara menjalankan sebuah bisnis namun yangpaling umum adalah dengan bisnis online karna anda dapat menjual produk secara luas.

3.    Tips Memulai Bisnis Online

  1.   Memiliki blog atau website anda sendiri
  2. Menggunakan forum jual 
  3.  Bergabung di media sosial

4.    Cara Sukses Usaha Bisnis Online

  •    Tentukan tujuan  Riset pasar
  •    Jangan ditunda
  •    Lakukan bertahap
  •    Perluas jaringan
  •    Marketing
  •    Berani ambil resiko
  •       Harus focus
  •    Jangan bosan

5.    Macam Macam Bisnis Online

a.     Manufaktur yaitu kegiatan produksi barang mentah menjadi sebuah produk

b.    Bisnis jasa yaitu kegiatan yg menghasilkan jasa

c.     Bisnis pengecer atau distributor adalah pihak yg berperan sebagai perantara barang

d.    Bisnis pertanian dan petambangan

e.     Bisnis finansial yaitu kegiatan ygg mendapat keuntungan dari investasi

f.       Bisnis informasi yaitu kegiatan yg menghasilkan keuntungan dari penjualan kembali properti intelektual

g.     Bisnis utilitas yaitu bisnis yg mengoprasikan jasa untuk public

h.    Busnus real estate yaitu kegiatan yg mendapat keuntungan dari menyewakan property

i.       Bisnis transportasi

B.   PEMASARAN ONLINE

1.    Pengertian pemasaran online

·       Kegiatan komunikasi pemasaran yang menggunakan media internet

·       Pemasaran online menurut para ahli :

a.     Kotler ( 1997)

Pemasaran adalah suatu proses social dan manajerial yayng didalamnya terdapat individu atau kelompok yang bertujuan untuk mendapatkan apa yang diinginkan dengan cara menawarkan sesuatu kepada orang lain

b.    M.J Stanton

Pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yg bertujuan untuk merencanakan, mempromosikan untuk kebutuhan kepada pembeli yg ada maupun pembeli potensial.

·       Pemasaran offline adalah kegiatan memasarkan secara tatap muka atau beretemunya antara penjual dan pembeli.

·       Pemasaran online adalah kegiatan memasarkan yang dilakukan melalui suatu media. Terdpat 2 jenis saluran pemasaran online diantaranya:

a.     Layanan online komersial ( berbayar )

b.    Web global jaringan computer yang luas ( internet )

 

2.    Manfaat Pemasaran Online

1.    Melakukan perubahan secara cepat

2.    Menetukan sasaran demografis

3.    Banyak media pilihan

4.    Penghubung efektif antara pemasar dan konsumen

5.    Kemampuan konversi instan

3.    Keuntungan pemasaran online

1.    Tanpa batas waktu

2.    Tanpa batas tempat

3.    Efisiesnsi biaya oprasional

4.    Kemudahan dalam strategii pemasaran

5.    Kemudahan dalam manajemen

6.    Kemudahan kontroln persediaan

7.    Kemudahan pengelolaan SDM

8.    Produksi meningkat

9.    Kemudahan pengawasan

4.    Komponen Pemasaran Online

1.    Produk

2.    Price ( harga )

3.    Place ( tempat )

4.    Promotion ( pemasaran )

5.    People ( orang )

6.    Pshycal evidence

7.    Process

5.    Cara Kerja Pemasaran Online

a.     Awrenes (kesadaran)

b.    Internet (ketertarikan )

c.     Desire ( keinginan)

d.    Action (tindakan)

Komentar